Khasiat Sambiloto Untuk Usus Buntu

Sambiloto (Andrographis panculata) merupakan satu dari beberapa kumpulan tanaman obat yang paling terkenal dan sering digunakan sebagai media penyembuhan sejak zaman nenek moyang.

Berbicara mengenai khasiat daun sambiloto makan akan diangkat pula kandungan zat pada daun ini. Salah satu kandungan yang memberikan nilai lebih bagi saun sambiloto yaitu zat antioksidan yang bagus untuk melawan radikal bebas dan mencegah/mengobati timbulnya peradangan usus buntu.

Sambiloto merupakan tumbuhan dengan tinggi 30-110 cm yang tumbuh di India, Cina dan Asia Tenggara. sambiloto memiliki ciri khas rasanya yang pahit sehingga dijuluki “king of bitter”

Berikut beberapa sebutan sambiloto di daerah dan luar negeri: sambilata (Melayu); ampadu tanah (Sumatera Barat); sambiloto, ki pait, bidara, andiloto (Jawa Tengah); ki oray (Sunda); pepaitan (Madura); papaitan (Maluku); chuan xin lien (Cina); kalmegh (Belanda), dan masih banyak lagi.

Tumbuhan sambiloto cukup mudah ditemukan, karena sering tumbuh secara liar di tempat terbuka, pinggir jalan, ladang, atau tanah kosong yang tidak difungsikan misalnya. Pengembangbiakannya juga terbilang simpel, tinggal petik buah yang sudah tua, ambil bijinya, lalu disemaikan.

Khasiat sambiloto untuk kesehatan dan cara mengolahnya :
  • MENGOBATI PENYAKIT USUS BUNTU
Bahan-bahannya adalah sediakan dua puluh lembar daun sambiloto. Cara mengolahnya yaitu daun sambiloto dicuci bersih. lalu daun sambiloto ditumbuk sampai halus. Kemudian diperas untuk diambil sarinya. Dikonsumsi sekali habis sekali dalam sehari.
  • Mengobati tipus.
 Siapkan 10-15 lembar daun sambiloto segar. Tambahkan air secukupnya lalu rebus hingga mendidih. Untuk mengurangi rasa daun yang amat pahit, ketika akan meminum ramuan bisa dicampur dengan madu.
  • Mengobati TBC paru-paru.
 Daun sambiloto segar dikeringkan, lalu digiling halus hingga menjadi bubuk. Setelah itu, ditambah sedikit madu dan dibuat bulatan-bulatan pil berdiameter sekitar 0,5 cm. Sebaiknya pil ini diminum dengan air matang 2-3 kali sehari. Sekali minum dapat 15-30 pil.
  •  Mengobati batuk rejan atau pertusis.
 Ambil 3 lembar daun sambiloto lalu seduh dengan air panas dan tambahkan sedikit madu. Minum ramuan 3 kali sehari.
  •  Mengobati tifoid.
Siapkan daun sambiloto segar kira-kira sebanyak 10-15 lembar. Kemudian direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Setelah dingin kemudian disaring, tambahkan madu asli secukupnya, setelah itu minum sekaligus. Lakukan hal itu 3 kali sehari.
  • Mengobati radang paru paru.
Daun sambiloto dikeringkan di bawah terik sinar matahari sekitar 20-25 lembar setelah itu rebus dengan menggunakan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Setelah dingin kemudian saring. Air rebusannya tersebut diminum sehari sebanyak 2 kali, masing-masing sebanyak 1/2 gelas.
  •  Mengobati disentri.
Siapkan air panas terus ambil daun sambiloto kira-kira sebanyak 10 gram lalu diaduk hingga daunnya layu. Kemudian diminum sehari 3x masing-masing sebanyak 1/3 bagian.
  •  Mengobati sakit kepala.
Untuk mengobati sakit kepala gunakan bubuk kering daun sambiloto sebanyak 1 gram kemudian seduh dengan secangkir air panas. Setelah dingin, kemudian diminum sekaligus, lalukan 3 hingga 4 kali sehari.
  •  Mengobati darah tinggi.
Siapkan daun sambiloto 5-7 lembar diseduh dengan menggunakan 1/2 cangkir panas. Tambahkan saja madu secukupnya dan diaduk hingga rata. Setelah dingin kemudian anda minum sekaligus. Lakukan ini sehari 3 kali saja.
  •  Mengobati radang faringitis, radang amandel, mulut dan radang tonsilitis.
Untuk kelima penyakit tersebut ini siapkan daun sambiloto yang sudah dikeringkan sebanyak 3-4,5 gram lalu diseduh dengan menggunakan air panas. Setelah dingin anda dapat menambahkan madu asli secukupnya kemudian diminum sekaligus.
  • Mengobati kencing nanah.
Ambil 3 batang sambiloto beserta daun-daunnya. Cuci bersih lalu rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa 2,25 gelas. Dinginkan air terlebih dahulu, baru disaring. Jika hendak diminum tambahkan madu seperlunya. Lakukan 3 kali sehari masing-masing 3/4 gelas.
  •  Menambah nafsu makan.
Siapkan daun sambiloto 10 helai, kulit dan batang tanamannya sebanyak 50 g. Cuci bersih semua bahan, kemudian rebus dengan 3000 cc air. Airnya cukup diminum segelas sehari. Untuk menghilangkan rasa pahit dapat ditambahkan sedikit madu.
  •  Obat tetes telinga.
Ambil tanaman sambiloto yang masih segar secukupnya lalu lumatkan, kemudian peras airnya. Selanjutnya, teteskan perasan air tersebut ke telinga.

Dan masih banyak lagi khasiat khasiat laiinya. maka lebih baik mencegah dari sekarang dari pada mengobati mecegah lebih baik. Terimakasih sudah datang ke web ini semoga bermanfaat :) dan semoga lekas sembuh :)


First